Pages

Sir Isaac Newton

Rabu, 04 Maret 2015
Sir Isaac Newton PRS MP ( / n j u t ən / ; [8] 25 Desember 1642 - 20 Maret 1726/7 [1] ) adalah seorang Inggris fisikawan dan matematikawan (dijelaskan pada zamannya sendiri sebagai " filsuf alam ") yang secara luas diakui sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa dan sebagai tokoh kunci dalam revolusi ilmiah . Bukunya Philosophiae Naturalis Principia Mathematica ("Prinsip Matematika Filsafat Alam"), pertama kali diterbitkan pada tahun 1687, meletakkan dasar untuk mekanika klasik . Newton membuat kontribusi mani ke optik , dan ia berbagi kredit dengan Gottfried Leibniz untuk pengembangan kalkulus .
Newton Principia merumuskan hukum gerak dan gravitasi universal , yang mendominasi pandangan para ilmuwan alam semesta fisik selama tiga abad berikutnya. Dengan menurunkan Hukum Gerakan Planet Kepler dari deskripsi matematika gravitasi, dan kemudian menggunakan prinsip yang sama untuk menjelaskan lintasan komet , yang pasang surut , yang presesi dari , dan fenomena lain, Newton dihapus keraguan terakhir tentang keabsahan yang heliosentris model Tata Surya. Karya ini juga menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan langit badan bisa dijelaskan oleh prinsip-prinsip yang sama. Prediksi bahwa Bumi harus berbentuk sebagai poros bulat kemudian dibenarkan oleh pengukuran Maupertuis , La Condamine , dan lain-lain, yang membantu meyakinkan sebagian besar Eropa Kontinental ilmuwan dari keunggulan mekanika Newtonian atas sistem sebelumnya Descartes .
Newton dibangun pertama praktis mencerminkan teleskop dan mengembangkan teori warna berdasarkan pengamatan bahwa sebuah prisma cahaya putih terurai ke dalam banyak warna spektrum terlihat . Dia merumuskan hukum empiris pendinginan , mempelajari kecepatan suara , dan memperkenalkan gagasan tentang cairan Newtonian . Selain karyanya pada kalkulus, sebagai ahli matematika Newton memberikan kontribusi untuk mempelajari deret pangkat , generalisasi teorema binomial untuk eksponen non-integer, mengembangkan metode untuk mendekati akar dari suatu fungsi , dan diklasifikasikan sebagian besar pesawat belokan kubik .
Newton adalah rekan dari Trinity College dan kedua Profesor Lucasian Matematika di Universitas Cambridge . Dia adalah seorang yang taat tapi tidak ortodoks Kristen dan, luar biasa untuk anggota fakultas Cambridge hari, ia menolak untuk mengambil pesanan suci dalam Gereja Inggris , mungkin karena dia secara pribadi menolak doktrin Trinitas . Di luar karyanya pada ilmu matematika, Newton mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk mempelajari kronologi Alkitab dan alkimia , tetapi sebagian besar karyanya di daerah tetap tidak diterbitkan hingga lama setelah kematiannya. Dalam kehidupan di kemudian hari, Newton menjadi presiden Royal Society . Newton disajikan pemerintah Inggris sebagai Warden dan Master of the Royal Mint .





 sumber:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Isaac_Newton 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar