Pages

Cara Instalasi WEb Server

Selasa, 24 Maret 2015
Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.[1]
Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.

Definisi

Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.
Pengguna, biasanya melalui aplikasi pengguna seperti peramban web, meminta layanan atas berkas ataupun halaman web yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan, atau menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta tidak tersedia.
saat ini umumnya server web telah dilengkapi pula dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan server web menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP, ASP.
Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam World Wide Web, pada prakteknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut.
 Aplikasi Web Server yang terkenal adalah Apache. Apache merupakan aplikasi free
berbasis OpenSource yang dikenal tangguh dan sering dipakai oleh server-server di
seluruh dunia. Apache sendiri sudah tersedia di repositori DVD maupun internet Debian 7.x,
sehingga kalian tidak perlu lagi susah-susah mendownload Apache di Internet.
 sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Server_web

Menginstall Apache pada Debian dengan perintah:
root@smk:~# apt-get install apache2 php5
pada perintah Do you want to continue [Y/n]?
cukup klik enter saja 

Untuk melihat hasil dari apache atau webserver buka browser lalu masukan IP server maka akan muncul yang bertulisakan its work


maka akan muncul tampilan seperti ini


Seluruh konten dari web ini dapat di tambah atau edit sesuka hati kalian dengan menaruh konten webserver atau cms-smc tertentu di directori root milik apache2 yaitu di “/var/www”

Menguji web server dengan php script "
<?php
phpinfo();
?>
setelah itu simpan dan keluar dan simpan dengan perintah ctrl+x lalu Y lalu Enter.
Buka kembali dai client dengan memasukan ip/test.php contoh (192.168.88.8/test.php)
maka akan muncul tampilan seperti ini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar