Pages

UBUNTU DAN LINUX MINT UNTUK PEMULA

Senin, 12 Januari 2015

UBUNTU DAN MINT UNTUK PEMULA

Mint sebenarnya didasarkan dari Ubuntu , tetapi dua telah tumbuh terpisah cukup sedikit . Namun, mereka berdua dirancang untuk menjadi mudah , pengalaman yang dapat digunakan untuk pemula - mereka hanya mengambil pendekatan yang berbeda untuk itu . Pada artikel ini , kita akan berbicara tentang siapa ini " pemula " yang , mendiskusikan di mana kekuatan dan kelemahan masing-masing distribusi, dan kemudian menempatkan mereka di depan beberapa pemula untuk melihat apa yang mereka pikirkan .


Bagaimana Ubuntu dan Mint Berbeda


Sekali lagi , Mint didasarkan dari Ubuntu , tetapi mereka telah menjadi sangat berbeda selama bertahun-tahun . Masing-masing memiliki versi sendiri yang berbeda , tapi hari ini kita akan membandingkan dua versi utama dari setiap : antarmuka Unity Ubuntu untuk desktop , dan antarmuka Cinnamon Linux Mint untuk desktop . Berikut adalah cara keduanya berbeda dari satu another.


Dasar Antarmuka


Sementara Ubuntu dan Mint keduanya berbagi elemen antarmuka tertentu, mereka masing-masing telah mengembangkan desktop shell mereka sendiri yang membuat mereka sangat berbeda . Cara terbaik untuk memikirkan hal tersebut adalah seperti ini : Ubuntu tampaknya mengambil isyarat dari OS X , sementara saham Mint lebih banyak kesamaan dengan Windows .


Ubuntu vs Mint : Yang Distro Linux Lebih Baik untuk Pemula ?

Antarmuka Unity Ubuntu menempatkan dermaga di sisi kiri layar , dengan ikon besar untuk semua program favorit Anda yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda . Di bagian atas, memiliki menu bar yang menunjukkan file aplikasi saat ini , Edit, dan menu lainnya , serta Wi - Fi , bluetooth , dan pengaturan ringkas lainnya . Anda dapat mengakses aplikasi lain , pengaturan , dan fitur dari " Dash " Ubuntu menu dengan mengklik ikon Dash di atas dermaga . Dari sana , Anda dapat mengetikkan nama sebuah aplikasi atau item lain dan Dash akan menemukannya untuk Anda . Anda dapat menavigasi Dash dengan mouse, namun sangat rumit untuk pemula , menyembunyikan banyak aplikasi Anda di bawah menu diupgrade dan ikon kecil . Itu berarti browsing untuk aplikasi adalah pengalaman yang sangat buruk .

Ubuntu vs Mint : Yang Distro Linux Lebih Baik untuk Pemula ?
Antarmuka Cinnamon Mint , bagaimanapun , tongkat taskbar di bagian bawah jendela. Taskbar memiliki popup menu kecil yang berisi daftar sebagian besar aplikasi dan pengaturan di komputer Anda . Ini sangat mirip dengan menu Start Windows , membiarkan Anda menelusuri aplikasi yang terinstal Anda dengan melayang di atas kategori yang berbeda . Ketika Anda membuka sebuah aplikasi , Anda akan melihat tombol muncul di taskbar , seperti pada Windows Vista dan sebelumnya. Anda bahkan dapat menambahkan beberapa cara pintas ke sisi taskbar Anda seperti peluncuran cepat tua Windows ' .

Ketika datang untuk kemudahan penggunaan , keduanya memiliki kelebihan dan kebiasaan mereka . Dock Ubuntu cukup mudah digunakan segera, tetapi ketika Anda membuka Dash , hal mendapatkan sedikit lebih rumit . Menu Mint , di sisi lain , jauh lebih mudah untuk menelusuri , karena daftar semua aplikasi Anda berdasarkan kategori dengan cara akrab . Ini mungkin memiliki taskbar yang lebih kecil dengan keras - untuk-melihat pintas , tapi pemula harus dapat menemukan sesuatu yang mereka cari hanya dengan membuka menu utama Mint . Kedua menu yang dicari , namun, yang dapat membuat segalanya lebih mudah jika Anda tahu apa yang Anda cari .

prestasi

Linux Mint pasti memiliki kelebihan ketika datang ke kecepatan . Ubuntu sudah berhasil lebih cepat selama beberapa versi terakhir, tapi Mint selalu terasa demikian cepat , bahkan pada tua atau lebih rendah bertenaga hardware ( setidaknya dibandingkan dengan Ubuntu ) . Jika Anda menginstal Linux untuk mempercepat komputer lama , Mint mungkin menawarkan experience baik

Menggunakan dan Instalasi Apps

Kedua Ubuntu dan Mint datang dengan satu set aplikasi terinstal yang menutupi sebagian besar kebutuhan Anda : sebuah office suite , web browser , pemutar musik , pemutar video , dan sebagainya. Kami pikir pilihan Mint adalah lebih baik daripada Ubuntu , karena mencakup Pidgin bukan Empati kurang matang , mudah -untuk menggunakan VLC , dan Banshee penuh fitur , misalnya. Namun, hal ini tidak penting karena Anda selalu dapat menginstal aplikasi baru .

Kedua Ubuntu dan Mint juga memiliki toko aplikasi mereka sendiri yang membuatnya mudah bagi pemula untuk menemukan , penelitian, dan men-download aplikasi baru. Ubuntu Software Center adalah sedikit lebih mudah untuk menemukan , karena di dermaga secara default , memiliki deskriptif " tas belanja " icon , dan nama yang menunjukkan " ini adalah di mana Anda mendapatkan perangkat lunak baru . " Ketika Anda membukanya , yang ditata sedikit lebih seperti toko aplikasi profesional, dengan fitur aplikasi , screenshot , peringkat bintang, dan kategori . Ini tidak sempurna , tapi setidaknya itu adalah berusaha .


Mint " Software Manager , " di sisi lain , memiliki nama yang sedikit lebih generik dan ikon paket coklat , yang membuatnya agak sulit untuk menemukan . Hampir tampak seperti alat sistem daripada sebuah toko app , yang lebih menakutkan untuk pemula . Tata letaknya juga sangat mendasar , menunjukkan Anda hanya kategori umum beberapa pada layar utama . Kedua toko lebih mudah daripada mencoba untuk mengajar pengguna baru tentang repositori dan paket , jadi mereka berdua pemula - ramah dibandingkan dengan alternatif .

Pada awalnya , sebagian besar " subjek tes " saya menemukan Mint lebih mudah untuk digunakan . Mencari folder rumah mereka itu mudah karena itu di sana pada desktop , sedangkan dermaga Ubuntu membuatnya sedikit lebih sulit untuk mencari tahu di mana file manager mereka . 

Menu Mint yang mudah digunakan , sehingga mereka bisa browsing berdasarkan kategori dan menemukan aplikasi yang belum pernah mereka dengar sebelumnya ( dan menebak tujuan mereka ) . Mereka menemukan Dash Ubuntu sangat membingungkan , karena menggunakan bar pencarian tidak insting pertama mereka ( dan karena mereka tidak selalu tahu apa yang mereka cari ) . Ubuntu menang ketika itu datang untuk menginstal aplikasi baru , meskipun: semua orang menemukan Software Center sangat mudah untuk menemukan dan menggunakan , sementara sebagian besar bahkan tidak bisa mencari tahu ke mana harus pergi di Mint .
 

Setelah memberikan kedua distribusi untuk beberapa pemula , sulit untuk memilih salah satu sebagai " terbaik. " Aku akan mengakui bahwa aku bukan penggemar Persatuan , dan saya pikir awalnya Mint akan mengalahkan tangan Ubuntu bawah , tetapi tim Ubuntu telah mengumpulkan sesuatu yang cukup bagus . Kami pengguna Linux mungkin tidak menyukainya , tapi pemula adalah cerita yang berbeda .

Jadi , jika Anda mencari untuk membantu teman keluar dan menginstal Linux pada sistem mereka , memberi mereka kesempatan untuk mencoba keduanya! Seluruh percobaan saya mengambil kurang dari 10 menit per orang , dan semua yang Anda butuhkan adalah CD hidup beberapa bebas untuk memberi mereka sekilas pada setiap OS . Meskipun percobaan saya cukup mendasar , setiap orang memiliki ide yang baik dari mana yang mereka lebih suka telah diinstal pada komputer mereka , sehingga Anda dapat memecahkan perdebatan ini dengan membiarkan mereka memutuskan.




sumber : http://kadekdarkness.blogspot.com/2013/09/ubuntu-vs-mint-mana-yang-terbaik-untuk.html    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar