Pages

Pengertian FreeNAS

Senin, 09 Februari 2015
FreeNAS adalah perangkat lunak bebas dan open source Network Attached Storage (NAS) sistem berbasis FreeBSD dan OpenZFS sistem file. Hal ini berlisensi di bawah syarat-syarat Lisensi BSD dan berjalan pada komoditas x86-64 hardware. FreeNAS mendukung Windows , OS X dan Unix klien dan berbagai virtualisasi host seperti XenServer dan VMware menggunakan CIFS , AFP , NFS , iSCSI , SSH , rsync dan FTP / TFTP protokol. Fitur canggih FreeNAS termasuk full-disk kriptografi dan plug-in arsitektur untuk perangkat lunak pihak ketiga.

Para OpenZFS Sistem file

FreeNAS mendukung OpenZFS file sistem yang menyediakan data memeriksa integritas untuk mencegah data korupsi , mengaktifkan titik waktu snapshotting , replikasi dan beberapa tingkat redundansi termasuk striping , mirroring , cermin striping (RAID 1 + 0), dan tiga tingkat RAID-Z .

Pengalaman pengguna

FreeNAS dikelola melalui antarmuka web yang komprehensif yang dilengkapi dengan konsol shell minimalis yang menangani fungsi-fungsi administrasi yang penting. Antarmuka web mendukung konfigurasi storage pool, manajemen pengguna, konfigurasi sharing dan pemeliharaan sistem.
Sebagai tertanam sistem alat, FreeNAS sepatu dari USB Flash perangkat atau SATA DOM . Gambar ini dikonfigurasi menggunakan USB Flash / CD-ROM installer bootable. The FreeNAS sistem operasi sepenuhnya independen dari disk penyimpanan, memungkinkan kunci konfigurasi database dan enkripsi yang akan didukung dan dikembalikan ke instalasi baru dari OS. Pemisahan ini juga memungkinkan untuk FreeNAS sistem upgrade yang akan dilakukan melalui antarmuka web.

Sejarah

Proyek FreeNAS dimulai pada bulan Oktober 2005 oleh Olivier Cochard-Labbe yang berdasarkan itu pada m0n0wall tertanam firewall dan FreeBSD 6.0 . Volker Theile bergabung dengan proyek pada bulan Juli 2006 dan menjadi memimpin proyek pada bulan April 2008. Pada bulan September 2009, tim pengembangan menyimpulkan bahwa proyek, kemudian di rilis 0,7, adalah karena untuk penulisan ulang lengkap untuk mengakomodasi fitur-fitur modern seperti plug-in arsitektur. Theile memutuskan bahwa proyek terbaik akan reimplemented menggunakan Debian GNU / Linux dan bergeser upaya pengembangan untuk proyek CoreNAS sementara dan akhirnya OpenMediaVault mana ia terus sebagai pemimpin proyek. Cochard-Labbe menanggapi keberatan masyarakat untuk "Versi Debian dari FreeNAS" dan dilanjutkan kegiatan dalam proyek dan mengawasi transfer ke FreeNAS pengguna iXsystems . [1] [2] iXsystems menulis ulang FreeNAS dengan arsitektur baru berdasarkan FreeBSD 8.1 dan Django CMS , melepaskan FreeNAS 8 Beta pada bulan November 2010. [3] The plug-in arsitektur tiba dengan FreeNAS 8.2 dan FreeNAS versi disinkronkan dengan FreeBSD untuk kejelasan. FreeNAS 8.3 memperkenalkan full-disk kriptografi dan FreeBSD 9.1 berbasis FreeNAS 9.1 membawa update plug-in arsitektur yang kompatibel dengan PC-BSD Warden kerangka kerja manajemen penjara. FreeNAS 9.1 juga merupakan versi pertama dari FreeNAS menggunakan OpenZFS V5000 masyarakat yang didukung dengan Flags Fitur. [4]
Pengembangan .7 FreeNAS dilanjutkan Maret 2012 sebagai NAS4Free proyek di bawah kepemimpinan Daisuke Aoyama dan Michael Zoon. [5] [6] [7] Olivier Cochard-Labbe telah pergi untuk menemukan Proyek Router BSD . [8]
 
sumber: 
http://doc.freenas.org/9.3/freenas_install.html  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar